World Without End: Board Game Review oleh supplier kayu Indonesia

Ikhtisar Game

World Without End adalah permainan papan strategi bergaya Eropa tradisional, yang secara tematis dibangun di sekitar acara yang berlangsung di desa fiksi Kingsbridge, dari 1337 hingga 1361, hampir 200 tahun setelah pembangunan katedral megah yang dikenal sebagai Pilar-pilar Bumi. Pemain mengambil peran pedagang, petani dan pembangun berjuang untuk kekayaan dan prestise saat menjalani kehidupan yang saleh dan setia. Tujuan dari permainan ini adalah untuk mendapatkan poin kemenangan terbanyak. Ini diperoleh terutama dengan mengambil bagian dalam berbagai proyek bangunan dan dengan merawat penduduk Kingsbridge yang dicekam oleh wabah, yang dikenal sebagai Black Death. Namun, hidup di Kingsbridge tidaklah mudah. Pemain harus terus berjuang untuk mendapatkan makanan yang cukup, menunjukkan kesetiaan kepada gereja dan mahkotanya, membayar pajak dan menghadapi kecelakaan mendadak yang terjadi secara acak selama masa permainan.

Komponen yang paling penting dari permainan ini adalah gameboard empat panel besar dengan kualitas luar biasa, yang menggambarkan Kingsbridge dan tanah sekitarnya. Di papan permainan ada beberapa lokasi seperti:

  • ruang produksi: Quarry (memproduksi batu), hutan (memproduksi kayu) dan ladang (menghasilkan biji-bijian)
  • berbagai situs bangunan di mana pemain dapat berkontribusi dengan batu atau kayu dan mendapatkan poin kemenangan
  • desa Kingsbridge dengan rumah dan pasarnya. Beberapa keluarga jatuh sakit selama wabah dan dapat disembuhkan, pemberian VPs dan berbagai bonus. Di pasar, pemain dapat berdagang wol dan kain untuk uang.

Permainan berlangsung dalam 4 bab (periode waktu) masing-masing terdiri dari 6 putaran. Setiap bab mewakili rentang waktu beberapa tahun, di mana pemain mengambil bagian dalam berbagai proyek bangunan, sehingga mendapatkan poin kemenangan yang berharga sementara juga harus berurusan dengan beberapa kejadian yang tidak terduga. Di akhir setiap bab, semua pemain memiliki kewajiban tertentu. Gagal menemui mereka, biaya poin kemenangan dan hukuman tambahan terjadi pada awal bab berikutnya. Di setiap putaran, urutan tindakan yang sama terjadi:

  1. Pemain aktif (orang yang memiliki token pemain aktif) mengungkapkan kartu Peristiwa. Peristiwa bisa langsung atau memiliki efek yang langgeng hingga akhir bab ini.
  2. Setelah menyelesaikan acara langsung, kartu acara berorientasi pada ruang dewan kota khusus di tepi atas papan permainan. Pemain aktif memilih orientasi yang sesuai dengan sasarannya saat ini, karena mempengaruhi dua elemen dalam permainan: pendapatan pribadi setiap pemain serta bonus khusus untuk pemain aktif saja.
  3. Pemain menerima pendapatan pribadi mereka sesuai dengan orientasi kartu.
  4. Pemain yang aktif menerima bonus spesialnya karena dia mendapat dukungan dari Prior / Prioress, King / Queen, Guild Master, Merchnats, Earl of Shiring, Bishop atau Outlaws
  5. Dimulai dengan pemain aktif, setiap pemain memainkan kartu aksi. Semua pemain memiliki 12 kartu aksi yang sama. Tindakan ini termasuk: menjual wol atau kain di pasar, menukar kain wol (yang lebih berharga), membangun rumah yang memberikan bonus ketika disewa, menyewakan hingga 2 rumah, mendapatkan gandum, mendapatkan sumber daya (kayu atau batu ), mendapatkan kesalehan dari katedral, merawat orang sakit, mengambil bagian dalam proyek pembangunan kayu atau batu yang berkontribusi, atau mengulangi tindakan yang dipilih di babak sebelumnya. Pada fase ini, pemain memilih kartu untuk dimainkan dan mereka membuang kartu yang lain. Dengan cara ini, selama seluruh bab, mereka akan memainkan 6 tindakan dan membuang sisanya.

Pada akhir bab ini, pemain memiliki kewajiban wajib berikut: Tunjukkan bahwa mereka menjalani kehidupan yang saleh dan saleh dengan membayar 2 kesalehan, menunjukkan bahwa mereka memiliki cukup makanan untuk mempertahankan diri dengan membayar 2 butir, dan membayar pajak. Untuk menentukan jumlah pajak, pemain aktif melempar dadu. Setelah gagal memenuhi satu atau lebih dari tugas di atas, pemain kehilangan poin kemenangan dan menderita hukuman tambahan yang terjadi di awal bab berikut seperti kehilangan penghasilan mereka di babak pertama bab berikutnya atau bermain satu kartu tindakan kurang. Dimungkinkan untuk menghindari penalti tambahan dengan membayar 1 Loyalitas.

Pada awal bab ketiga, wabah menghantam desa dan counter-counter wabah tertentu ditempatkan, menghadap ke bawah, di setiap rumah Kingsbridge, Setiap putaran, sebuah keluarga di salah satu rumah mungkin jatuh sakit dan dapat disembuhkan, menggunakan yang sesuai kartu tindakan untuk memberikan poin kemenangan plus bonus lainnya kepada pemain yang memilih tindakan ini. Untuk merawat yang sakit, pemain harus memiliki pengetahuan medis yang cukup.

Sekarang mari kita pergi melalui kategori penilaian kami yang biasa:

Komponen

Semua komponen permainan sangat indah dan berkualitas tinggi. Papan permainan secara visual menakjubkan, dengan desa Kingsbridge dan tanah sekitarnya yang indah digambar, membuat para pemain merasakan Inggris pada abad ke-14.

Sumber daya (kayu, batu, biji-bijian, wol, kain) terbuat dari kayu, diwarnai dengan tepat. Mereka juga memiliki bentuk yang menyerupai bentuk asli mereka, terutama gandum dan kain. Itu agak jarang dalam edisi standar permainan. Rumah juga terbuat dari kayu dan memiliki bentuk rumah, di setiap warna pemain. Semua komponen lainnya: kesalehan dan kesetiaan spidol, penutup spidol, uang dan pengetahuan medis terbuat dari karton tebal dengan perhatian terhadap detail dan dengan bentuk yang tepat juga. Kartu aksi dan acara terbuat dari kertas tebal dan mereka pantas disebutkan secara khusus. Mereka dirancang dengan rumit dan latar belakang mereka memiliki nuansa visual kertas yang digunakan pada Abad Pertengahan yang juga masuk ke layar pemain. Semua dalam semua, komponen akan memuaskan bahkan gamer yang paling menuntut. Jempol ke Michael Menzel, yang bertanggung jawab atas karya seni dan grafis game. 9/10

Gameplay

World Without End memiliki gameplay dan kedalaman yang kaya yang akan menantang pecinta game strategi. Keberuntungan memainkan peran dalam permainan tetapi tidak dengan cara yang dapat merusak strategi pemain (setidaknya tidak sepenuhnya). Setelah semua, hidup penuh dengan kejutan dan hal-hal tidak dapat selalu berjalan seperti yang direncanakan. Saya pikir ini adalah konsep yang para desainer pikirkan ketika mereka memutuskan untuk memasukkan kartu-kartu Peristiwa dalam permainan. Beberapa dari mereka benar-benar membuat frustrasi dan dapat mengacaukan rencana Anda tetapi menganggapnya sebagai tantangan bagi keterampilan mental Anda. Plus mereka meningkatkan faktor replayability. Ada sebelas kartu kejadian untuk setiap bab dan di setiap gim Anda memilih secara acak mana enam di antaranya akan disertakan. Dengan cara ini, setiap game berbeda dari yang lain. Permainan ini adalah tentang menjaga keseimbangan, sering rapuh antara katering untuk persediaan makanan, uang dan kesalehan, yang merupakan tugas semua pemain pada akhir bab ini. Dan di antara semua ini, berjuang untuk pengumpulan sumber daya dan mendapatkan poin kemenangan dengan mengambil bagian dalam membangun proyek. Elemen desain yang dapat ditolak oleh beberapa orang, adalah cara pendapatan pribadi ditentukan: oleh lawan kita. Itu bisa dianggap sebagai elemen keberuntungan lain, tetapi saya pikir itu membuat permainan lebih menarik dan tak terduga. Tidak pernah selama pertandingan saya, apakah saya merasa bahwa nasib saya berada di tangan kejadian acak atau keberuntungan. Setiap pemain mengambil giliran mereka dalam mengorientasikan kartu Acara yang merupakan peluang bagus untuk mendapatkan apa yang dia butuhkan ditambah bonus tambahan dari bantuan. Selain itu dengan memanipulasi kartu aksi dan juga rumah, tampaknya Anda dapat mengendalikan strategi Anda. Itu lebih mudah dalam permainan 2-pemain daripada di 4-pemain karena dalam permainan 2-pemain Anda akan mengendalikan pendapatan Anda 50% dari waktu, sedangkan di 4-pemain, hanya 25% dari waktu. Sedangkan untuk interaksi pemain, tidak banyak yang ada di game ini. Sumber daya lawan tersembunyi di balik layar khusus sehingga Anda harus memperhatikan apa yang dibutuhkan dan dibutuhkan pemain lain. Satu-satunya cara Anda dapat mengganggu rencana mereka adalah dengan mengorientasikan kartu peristiwa dengan cara yang mereka tidak mendapatkan sesuatu yang mereka butuhkan. Namun dalam banyak kesempatan Anda akan dikonsumsi dalam masalah Anda sendiri dan mengarahkan kartu sehingga Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan. Bahkan Anda tidak benar-benar memiliki waktu atau dorongan untuk peduli dengan apa yang pemain lain lakukan, Anda memiliki cukup banyak masalah Anda sendiri Ada begitu banyak hal yang harus dilakukan dalam permainan ini, bahwa Anda tidak dapat dengan mudah bosan. Saya selalu bersedia untuk memainkan game World Without End di setiap malam permainan papan yang diberikan. 8/10

Kurva Belajar

Meskipun gamenya tidak terlalu rumit dan tidak banyak yang bisa dilakukan di setiap putaran, dibutuhkan sedikit waktu untuk terbiasa dengan semua komponen gim dan dengan elemen strategis gim. Dunia Tanpa Akhir agak mudah dipelajari tetapi sulit untuk dikuasai. Apa yang terutama akan membingungkan Anda pada awalnya adalah apa prioritas Anda seharusnya. Ada begitu banyak yang harus dilakukan sehingga keputusan tentang orientasi kartu event dan memainkan tindakan Anda akan sulit. Setelah memainkan game pertama Anda, Anda mungkin akan mendapatkan keseluruhan gambar dan Anda akan mulai melakukan jauh lebih baik dan menghargai kedalamannya. 7/10

Tema

World Without End adalah permainan tematik. Elemen ini sangat didukung oleh teks dicetak dalam huruf miring pada kartu acara, yang menggambarkan acara tertentu dari buku dan oleh gameboard tangguh yang membawa dunia buku untuk hidup. Semua mekanik juga terikat pada tema, dari menjual wol di pasar, untuk menyembuhkan orang sakit dan kejadian tiba-tiba yang mempengaruhi kehidupan di desa. Jika Anda telah membaca buku, Anda akan lebih menghargai permainan ini, bahkan jika Anda belum dan Anda mencari permainan Eurogame dengan tema yang kuat, game ini pasti cocok untuk Anda 9/10

Replayability

Kedalaman permainan dan fleksibilitas memastikan bahwa Anda tidak akan mudah kehilangan minat di dalamnya. Kartu kejadian acak juga cara pendapatan pribadi ditentukan memastikan bahwa tidak ada dua game yang akan sama. Ι am, secara pribadi, lebih dari bersedia untuk memainkan Dunia Tanpa Akhir pada waktu tertentu. 7/10

Kesenangan:

Ini tidak menyenangkan, dengan cara Anda akan tertawa saat memainkannya, juga tidak akan memicu komentar lucu di antara pemain. Tetapi saya menganggapnya menyenangkan dengan menantang pikiran seseorang untuk mengatasi rintangan dan memanipulasi mekanisme permainan dengan cara yang paling bijaksana untuk menang. Namun, merengek tentang kemalangan karena kartu event dapat menjadi hal yang menyenangkan, bukankah begitu? 7/10

Kelebihan:

  • Komponen yang indah
  • Gameplay menantang
  • Tema yang bagus
  • Sama baiknya dengan sejumlah pemain

Cons:

  • Beberapa mungkin terganggu oleh faktor keberuntungan atau cara penghasilan ditentukan

Menurut sistem penilaian baru kami, kategori penilaian memiliki bobot yang berbeda. Komponen memiliki berat 15%, Gameplay 40%, Kurva belajar 5%, Tema 5%, Replayability 25%, Fun 10%. Menurut sistem ini dan skor di atas dalam setiap kategori, skor keseluruhan dari permainan adalah:

Keseluruhan: 7.8

Silahkan baca artikel berikut ini juga ya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *